Toyota siapkan Avanza Penggerak Roda Depan

front-wheel-driveHonda Palembang – Penggerak roda depan yang di sematkan pada mobil kelas MPV seperti Mobilio pernah menjadi momok pembicaraan dari merk mobil lain seperti toyota. Avanza Kill Mobilio Yang dulu sempat dijadikan Toyota Avanza suatu strategi untuk menghentikan laju penjualan Honda Mobilio yang sangat laris di pasaran, dengan salah satunya membincangkan tentang penggerak roda depan yang dimiliki honda mobilio tidak cocok untuk karakter mobil MPV tapi sekarang Toyota malah sedang menyiapkan Avanza Versi Penggerak roda depan.

Mengapa demikian mari kita bahas ?

Mayoritas mobil sedan terbaru, serta yang berharga agak murah dan memiliki tenaga mesin tidak terlalu besar, menggunakan tenaga penggerak roda depan. Ada dua keuntungan utama menggunakan tenaga penggerak roda depan, yakni lebih irit bahan bakar dan meningkatkan efisiensi ruang.

Dengan mesin dan roda penggerak berkumpul di bagian depan mobil, bagian tengah dan belakang mobil pun menjadi agak lebih ringan. Selain itu, “menumpuknya” mesin di bagian depan mobil juga menyediakan ruang yang lebih banyak di mobil. Karena itulah, sebagian besar minivan menggunakan tenaga penggerak roda depan.

Mobil dengan penggerak roda depan juga memberikan keuntungan ketika berkendara di jalanan yang licin, seperti ketika hujan atau salju, sebab roda penggerak juga merupakan roda yang mengendalikan arah kemudi sehingga menurunkan risiko mobil selip.

Selain itu, roda penggerak depan juga memberikan stabilitas sehingga mobil tetap dapat melaju lurus ketika melaju kencang di jalan tol disertai angin.

Keunggulan Penggerak Roda Depan :

  1. Proses penyaluran tenaga lebih efisien, sehingga akselerasi (sprint) menjadi lebih baik dan lebih gesit. untuk penggerak roda depan, kebanyakan digunakan untuk mobil perkotaan yang menuntut manuver lincah dan hemat bahan bakar. Dengan sistem penggerak roda depan, roda yang menggerakkan mobil mendapatkan traksi yang cukup besar karena berat mesin yang kebanyakan ada di depan mobil. Dengan demikian, mobil dengan penggerak roda depan memiliki efisiensi yang cukup tinggi untuk penggunaan sehari-hari.
  2. Sistem Front Wheel Drive adalah pada girboks yang relatif lebih kecil menyatu dengan final gear. Dari girboks tenaga dislurkan lewat drive shaft ( as roda ). Karena as penggerak lebih pendek , potensi kehilangan tenaga saat mesin berjalan lebih sedikit . Posisi mesin yang melintang searah dengan putaran roda menghasilkan efisiensi BBM.
  3. Efisiensi ini berpengaruh pada kabin yang lebih lega.
  4. Gerak roda depan kebanyakan diadopsi oleh mesin dengan kapasitas kecil.
  5. Lebih stabil dalam memainkan throttle gas.

2 Responses to Toyota siapkan Avanza Penggerak Roda Depan

  1. muhammad mukhlis mengatakan:

    kok cuman bahas keuntungannya saja, kerugiannya dong di bahas juga, biar kami orang awam bisa mengerti serta kami akan lebih percaya dengan teknologi yang ada pada honda mobilio ini. terima kasih

    • honda-majumobilindo mengatakan:

      Di artikel ini kita tidak membahas untung atau rugi nya memakai mobil penggerak roda depan karena hanya si pemilik kendaraan yang lebih tahu soal keuntungan maupun kerugian setelah memiliki mobil pilihan nya. Ini hanya artikel dari majalah otomotif yang membahas tentang keunggulan mobil penggerak roda depan adapun kelemahan nya nanti bisa kita post di artikel seelanjutnya. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>