Konsumsi Bahan Bakar Honda HR-V 1500 cc vs HR-V 1800 cc

Auto Bild Indonesia sudah mengetes dua Honda HR-V secara komprehensif. Unsur efisiensi atau konsumsi bahan bakar kedua varian Honda HR-V yakni 1.500 cc dan 1.800 cc sudah terukur sesuai standarisasi di Auto Bild Indonesia. Ada dua moda pengetesan efisiensi yakni pengetesan konsumsi bahan bakar untuk rute dalam kota. Dan yang kedua untuk moda luar kota.

Ini merupakan pengetesan yang rutin dilakukan Auto Bild ketika menguji konsumsi bahan bakar seluruh mobil yang diuji. Berpatokan dengan kecepatan rata-rata 20-22 km/jam dengan jarak tempuh minimal 90-100 km, kedua mobil inipun dihitung konsumsinya menggunakan sistem penghitung kondumsi yang terdapat di Multi Information Display nya.

Terbukti dengan adanya perbedaan hasil uji coba di dua rute yang berbeda.

Konsumsi Rute Dalam Kota

Untuk rute dalam kota, Honda HR-V 1.5L E CVT bermesin 1.497 SOHC unggul dibanding saudaranya. Yakni dengan hasil 13,7 km/liter, cukup jauh berbeda dengan varian 1.8L Prestige bermesin 1.799 cc yang berada di angka 10,9 km/liter.
Berdasarkan analisis kami, besarnya konsumsi HR-V 1.8 saat rute dalam kota disebabkan oleh tingginya konsumsi saat dalam kondisi kemacetan. Saat dalam kondisi diam dan bergerak di kecepatan rendah, mesin berkapasitas lebih besar berpotensi meminum bahan bakar lebih banyak. Karenanya hasil konsumsi kedua mobil berbasis sama pada rute ini terpaut cukup jauh.

Konsumsi Rute Tol
Untuk rute tol, dimana kami menargetkan kecepatan rata-rata 90-100 km/jam, Honda HR-V 1.8 dan 1.5 hanya terpaut sedikit. HR-V bermesin 1.497 cc mencatat 17,5 km/liter sedangkan HR-V bermesin 1.799 cc harus puas dengan konsumsi 16,3 km/liter.
Dalam kecepatan tinggi, mesin bertransmisi CVT bisa mengolah bahan bakar dengan putaran mesin yang rendah sehingga perbedaan konsumsi yang diciptakan keduanya tak jauh berbeda. bobot HR-V 1.8 yang memang lebih berat sekitar 100 kg dibanding 1.5 turut berpengaruh membuat hasilnya tak lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>