Honda Mobilio RS Jadi Varian Paling Laku

Wallpaper-Honda-Mobilio-RS-630x417Palembang, honda-majumobilindo.com – Ada yang unik dari penjualan Honda Mobilio di Juli tahun 2015 ini, umumnya sebuah kendaraan di kelas LMPV meemiliki penjualan paling laris untuk tipe tengah seperti Toyota Avanza yang memiliki tipe G manual sebagai varian terlaris, dan Suzuki Ertiga tipe GL manual yang menjadi varian terlaris meskipun penjualan Ertiga GL dan GX saling susul menyusul tiap bulan.

Namun berbeda dengan Honda Mobilio yang merupakan LMPV besutan Honda dengan basis Honda Brio, justru varian Honda Mobilio RS CVT yang merupakan varian tertinggi mendapatkan share penjualan paling besar dan jauh meninggalkan varian runner up yaitu Honda Mobilio E MT yang secara tidak langsung berhadapan head to head dengan Toyota Avanza tipe G.

Tercatat penjualan Honda Mobilio RS CVT pada bulan Januari dan Februari membukukan angka sebesar 1.991 dan 1.007 unit, sedangkan varian Honda Mobilio E MT sebagai runner up justru terlihat cukup jauh perbedaannya dengan penjualan sebesar 1.368 dan 404 unit sepanjang Januari dan Febuari disusul oleh varian Honda Mobilio RS MT di angka 856 dan 769 unit sepanjang Januari dan Februari.

Hal ini cukup unik mengingat kebiasaan orang Indonesia yang umumnya selalu mengambil model tengah dan enggan menambah belasan juta Rupiah untuk varian tertinggi selama varian tengah masih memiliki spesifikasi yang dibutuhkan, apalagi perbedaan harga untuk varian Mobilio RS dan E CVT terlampau cukup jauh sebenarnya di angka 23 juta Rupiah dibandingkan dengan tipe E manual maupun CVT.

Perlu diakui memang bahwa Honda Mobilio RS memiliki tampilan yang jauh lebih sporty dan futuristik, fiturnya juga lebih lengkap seperti head unit touch screen dengan steering switch control, rear parking camera, black interior dan lampu depan dengan LED positioning lamp. Selebihnya hanya perbedaan eksterior yang membuat mobil ini tampil lebih gaya.

Dari hal ini sebenarnya kita bisa belajar bahwa konsumen Indonesia tidak masalah jika harus membayar lebih untuk tipe tertinggi yang memang di desain sangat ciamik, tidak tanggung-tanggung seperti kompetitornya yang memberikan tampilan eksterior tipe tertinggi dengan hanya menambahkan aksesoris aftermarket. Bahkan jika kita adu jumlah Penjualan Avanza Veloz yang merupakan kompetitor head-to-head dari Honda Mobilio RS, ternyata penjualannya masih kalah dengan Honda Mobilio RS, karena tercatat Toyota Veloz hanya terjual 1.020 dan 858 unit di bulan Januari-Februari untuk varian manual dan 751 dan 265 unit di untuk varian Avanza Veloz Automatic. Namun untuk pasar gemuk Toyota Avanza tipe G manual yang bersaing dengan Honda Mobilio E, jelas disini Avanza masih menjadi raksasa dengan penjualan sebesar 5.492 dan 6.100 unit sepanjang Januari-Februari. Sepertinya cukup sulit memberikan perlawanan pada Toyota Avanza, karena tipe G manual saja sudah seperti penjualan Honda Mobilio sepanjang 2 bulan untuk keseluruhan unit.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>